5 Pionir Internet Dunia

Oleh: Yudha P Sunandar (Kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Internet menyedot perhatian dunia ketika kemunculannya di era abad 20. Saat ini, jaring-jaring dunia digital ini telah menghubungkan banyak orang dari banyak negara dalam waktu yang sangat cepat. Bahkan, internet sudah menjadi gaya hidup tersendiri di era milenium ketiga ini. Lalu, kapan internet mulai dikembangkan dan siapa orang di baliknya? Inilah 5 pengembang internet pertama di dunia:


1. Claude Shannon

Dilahirkan pada 30 April 1916, Claude Elwood Shannon merupakan kriptografer, insinyur elektronik, dan matematikawan Amerika yang juga diketahui sebagai Bapak Teori Informasi. Dia terkenal karena telah mendirikan teori informasi dengan salah satu tulisan yang paling menonjolnya yang diterbitkan pada 1948. Dia juga dianggap menemukan teori komputer digital dan sirkuit digital pada 1937. Ketika itu usianya baru 21 tahun dan tengah menjalani program Master di Institut Teknologi Massachusetts (MIT). Dalam tesisnya, Shannon mendemonstrasikan aplikasi elektrik aljabar Boolean yang dapat mengkonstruksikan dan memecahkan sebuah logika, hubungan numerik. Tesis ini diklaim sebagai tesis terpenting sepanjang waktu. Shannon juga berkontribusi di bidang kriptanalisis selama Perang Dunia II dan sesudahnya, termasuk kerja dasar dalam memecahkan kode.

Claude Shannon (Sumber: upload.wikimedia)

2. Vannevar Bush

Vannevar Bush dilahirkan pada 11 Maret 1890. Dia merupakan insinyur dan peneliti administrator Amerika yang diketahui juga bekerja dalam komputing analog. Selain itu, pendiri Raytheon ini, berperan juga sebagai pengelola utama dalam proyek Mahattan untuk mengembangkan bom atom. Dalam bidang teknologi informasi, Bush merupakan penggagas Memex (memory extender), sebuah penyocok penglihat mikrofilm yang dapat menganalogikan struktur dari World Wide Web atau WWW. Lebih spesifik, Memex bekerja sebagai bank memori untuk mengorganisir dan membetulkan data. Bush sangat dikenal sebagai pembuat kebijakan dan intelektual publik selama Perang Dunia II dan Perang Dingin. Hal ini membuatnya menjadi penasihat presiden bidang ilmu pengetahuan.

 

Vannevar Bush (Sumber: upload.wikimedia.org)

3. Paul Baran

Insinyur Amerika ini merupakan pionir dalam mengembangkan jaringan komputer. Paul Baran merupakan satu dari tiga peneliti teknik pergantian paket (packet switching). Pada awal-awal karirnya, lulusan Universitas Drexel ini bergabung di beberapa perusahaan. Beberapa di antaranya adalah Perusahaan Komputer Eckert-Mauchly untuk mengembangkan UNIVAC, Hughes Aircraft dalam bidang sistem radar, dan RAND Corporation untuk mengembangkan sistem komunikasi pada senjata nuklir. Selain itu, Baran juga mendirikan beberapa perusahaan dan mengembangkan teknologi lainnya yang sangat penting bagi Internet dan perangkat komunikasi digital modern lainnya.

Paul Baran (Sumber: images.theage.com.au)

 

4. Donald Davies

Donald Watts Davies merupakan peneliti komputer Inggris yang merupakan penemu pergantian paket (packet switching). Dilahirkan di Wales pada 7 Juni 1924, Davies meraih gelar sarjana di bidang Fisika dari Imperial College London. Dia memulai ketertarikannya terhadap komunikasi data pada era tahun 1960an akhir ketika berkunjung ke Institut Teknologi Massachusetts (MIT). Ketika itu, dia melihat masalah yang signifikan pada sistem komputer dalam melakukan pembagian waktu pada koneksi telepon. Pada 1970, Davies membantu membangun jaringan packet switched yang dinamai Mark I untuk melayani NPL di Inggris. Hal ini mempengaruhi penelitian lainnya di Inggris dan Eropa dan membuat Larry Roberts, Agen Proyek Penelitian Lanjutan di Amerika Serikat, mendirikan ARPANET, yang akhirnya berevolusi menjadi internet.

Donald Davies (Sumber: trinitysaintdavid.ac.uk)

5. J. C. R. Licklider

Peneliti komputer Amerika dengan nama lengkap Joseph Carl Robnett Licklider ini dilahirkan pada 11 Maret 1915. Dia merupakan tokoh paling penting dalam ilmu komputer dan sejarah komputing secara umum. Dia merupakan bagian dari pionir internet dengan visi awalnya mengenai jaringan komputer dunia luas, jauh sebelum hal tersebut terwujud. Hal ini dia paparkan pada Agustus 1962 di BBN dengan catatan diskusi berkonsep “Jaringan Komputer Intergalaksi”. Idenya ini mengandung hampir semua hal yang ada pada internet saat ini. Papernya berjudul Komputer sebagai Alat Komunikasi, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi yang dipublikasikan pada April 1968, menggambarkan visinya terhadap aplikasi jaringan.

J. C. R. Licklider (Sumber: geekcom.files.wordpress)

 

Sumber: Wikipedia.org, old.uniknya.com, 2011

One Response to  5 Pionir Internet Dunia

  1. Pingback: dering.co.id –  5 Pionir Internet Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com