5 Stadion Utama UEFA di Jerman

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Union of European Football Associations, biasa disebut UEFA, adalah badan administratif dan pengatur sepak bola Eropa. UEFA adalah badan sepak bola terbesar di dunia dari segi keuangan dan pengaruhnya pada sepak bola dunia. UEFA didirikan pada 15 Juni 1954 di Basel, Swiss. Markasnya berada di Paris hingga 1959 ketika organisasi ini pindah ke Bern. Sejak 1995, pusat administratifnya terletak di Nyon, Swiss. Saat ini ada 53 asosiasi sepak bola nasional yang bernaung di bawah UEFA. Untuk menggelar berbagai kejuaraan yang diselenggarakannya, seperti Liga Champions dan Liga Eropa misalnya, UEFA memiliki beberapa stadion utamanya yang tersebar diberbagai negara di Eropa. Berikut 5 stadion utama UEFA yang terletak di Jerman.

 

1. Allianz Arena

Allianz Arena adalah stadion pengganti dari stadion Olympia yang terletak di distrik Frottmaning di sebelah utara kota Munchen. Dibuka pada 30 Mei 2005 dengan pertandingan persahabatan antara TSV 1860 Munchen dan FC Nurnberg, stadion ini merupakan tempat diadakannya pertandingan pembukaan Piala Dunia 2006. Stadion ini dirancang oleh firma arsitektur Swiss, Herzog & de Meuron dengan kapasitas tempat duduk mencapai 66.000 penonton. Kerak bagian luar menampilkan 1056 panel berbentuk belah ketupat, yang masing-masing dapat diterangi dalam warna yang berbeda (merah, biru atau putih), sehingga terlihat seperti suatu pola yang bergerak. Stadion ini merupakan stadion kandang bagi TSV 1860 Munchen dan FC Bayern Munchen. Tetapi karena krisis keuangan TSV 1860 Muenchen, FC Bayern Munchen mengambil alih semua kepemilikan Allianz Arena.

Allianz Arena (Sumber: football-pictures)

 

2. Olympia Stadium, Berlin

Stadion Olympia Berlin merupakan stadion yang terletak di Berlin, Jerman. Stadion ini dirancang oleh arsitek Jerman Werner March dan dibangun antara tahun 1934 dan 1936 untuk Olimpiade Berlin 1936. Stadion ini menggantikan Stadion Jerman rancangan ayah Werner, Otto March. Stadion ini mengalami renovasi hingga pertengahan 2004 untuk dipersiapkan pada Piala Dunia 2006. Kapasitasnya kini mencapai 74.228 penonton. Stadion Olympia Berlin merupakan stadion kandang bagi Hertha BSC Berlin dan Berlin Thunder saat ini.

Olympia Stadium (Sumber: Farm4.static.flickr)

 

3. HSH Nordbank Arena

HSH Nordbank Arena adalah stadion utama di kota Hamburg, Jerman. Stadion ini merupakan salah satu dari 12 stadion yang digunakan untuk Piala Dunia FIFA 2006. Sebelumnya, stadion ini dikenal dengan nama Volksparkstadion. Pada tahun 2001-2007 Time Warner membeli hak penamaannya dan mengganti nama stadion ini dengan nama AOL Arena. Barulah kemudian berganti lagi seperti yang dikenal sekarang. Pada Piala Dunia FIFA 1974 yang diadakan di Jerman Barat, Volksparkstadion digunakan bersama dengan Olympia stadion di Berlin. Stadion ini menjadi markas utama dari tim Hamburger SV dengan kapasitasnya mencapai 57.000 bangku penonton.

HSH Nordbank Arena (Sumber: Football-pictures )

 

4. Veltins Arena

Veltins Arena adalah stadion sepak bola di kota Gelsenkirchen, Jerman. Mulanya bernama Arena AufSchalke, stadion ini dibuka pada 2001 sebagai stadion kandang baru tim Bundesliga FC Schalke 04 dan akan menjadi tuan rumah 5 pertandingan dalam Piala Dunia FIFA 2006, termasuk perempatfinal. Kapasitasnya adalah 61.481 orang (berdiri dan duduk) dan kapasitas internasional 53.994 (tempat duduk). Hak nama stadion ini kemudian dijual pada tanggal 1 Juli 2005 kepada perusahaan bir Veltins.

Veltins Arena Stadium (Sumber: Zerozerofootball)

 

5. Westfalen Stadium

Signal Iduna Park adalah nama yang digunakan oleh Westfalen stadion dari bulan Desember 2005 sampai Juni 2011. Stadion sepak bola ini terletak di kota Dortmund, Jerman dan menjadi lokasi beberapa pertandingan Piala Dunia FIFA 2006, termasuk sebuah pertandingan semi-final. Namanya diambil dari nama bekas provinsi Prusia, Westphalia, yang sekarang adalah bagian dari negara bagian Nordrhein-Westfalen. Westfalen Stadion adalah stadion terbesar di Jerman yang memegang rekor Eropa untuk jumlah pengunjung di tahun 2004/2005 dengan jumlah 1,4 juta orang. Kapasitas stadion ini adalah 81.264 orang (berdiri dan duduk) atau 67.000 orang (hanya duduk). (**)

Westfalen Stadium (Sumber: Die99er.priv.at)

 

Sumber : wikipedia, 2011

2 Responses to 5 Stadion Utama UEFA di Jerman

  1. Kok gag ada stadion commerbank arena padahal tu stadion bagus & tempat final piala konfederasi 2005 dan piala dunia wanita 2011

    • Eris Abdurahman

      bro rifqy, terima kasih masukannya. insya allah nanti kami bahas sendiri soal itu. salam uniknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com