5 Hal Menarik Dari Thomas Jefferson

Oleh: Galih Pakuan

[UNIKNYA.COM]: Thomas Jefferson, Mantan presiden Amerika Serikat, yang memiliki figur dan karisma yang baik di masanya. Ia menuliskan Deklarasi Kemerdekaan, dan berperan penting di awal pembangunan negara Amerika Serikat. Berikut adalah lima fakta yang  dimiliki oleh Thomas Jefferson.

1. Penentang Perbudakan Manusia

Walaupun ia memiliki beberapa budak selama hidupnya, dan juga memiliki hubungan yang membuahkan lima orang anak hasil hubungannya dengan Sally Hemings (seorang budak), sangat menentang adanya aturan hukum mengenai perbudakan. Di Sebuah kongres kontinental yang diadakan di Virginia pada 1783, mengajukan sebuah permohonan agar segala hal yang menyangkut dengan perbudakan dihapuskan dan dinyatakan melanggar hukum. Namun permohonannya itu ditolak dan kalah voting. Dalam draft mengenai Deklarasi Kemerdekaan, ia menuliskan sebuah kritikan tajam terhadap pihak Kerajaan Inggris yang menurutnya telah mendukung adanya perbudakan manusia.

Virginia (Sumber: i157.photobucket)

 

2. Orang saleh yan menginginkan pemisahan Gereja dan Negara

Ia adalah penganut ajaran Kristus yang taat, namun demikian ia berpendapat keyakinan adalah hak asasi manusia yang tidak boleh dicampuri oleh Negara. Ia memiliki peran penting dalam merubah pandangan pemerintah yang selalu mencampuri urusan keagamaan warga negara, hasilnya adalah Statuta Virginia untuk Kebebasan Beragama.

Thomas Jefferson (Sumber: jpetrie.myweb)

 

3. Seorang pemusik yang Berbakat

Thomas Jefferson memiliki bakat luar biasa dalam bidang musik.  Di masa kecilnya ia selalu berlatih biola selama beberapa jam di sore hari, ia pun  sukali sekali bernyanyi. Kegiatan berlatih dan memainkan biolanya terhenti ketika ia menderita cedera di pergelangan tangannya, sat mencoba menarik perhatian seorang perempuan.

William Michael Violin (Sumber: Thepaintednote)

 

4. Sosok yang sederhana

Ia memiliki postur tubuh yang tidak istimewa dan lebih menyukai untuk tampil mengenakan busana yang sederhana (casual), bahkan ada yang menyebutkan bahwa pakaian dan celana yang dimilikinya, berukuran lebih besar dari ukuran seharusnya. Ia merubah fenomena budaya membungkuk sebagai penghormatan, dengan berjabat tangan.

Thomas Jefferson (Sumber:teachnet)

5. Pembicara yang buruk

Walaupun ia memiliki kemampuan yang baik dalam menulis dan percakapan, namun Jefferson bukanlah seorang pembicara publik yang kompeten. Ketika dia sedang bicara dihadapan publik, seringkali ia bergumam dan berbicara dengan suara yang sulit dimengerti orang lain.(**)

Signing declaration of Independence (Sumber:findandconvert)

 

Sumber: Toptenz, 2011

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com