5 Sosial Media Internet Terpopuler Tahun 2011

Oleh: Yudha P. Sunandar (Kontributor old.uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Sosial media merupakan barang penting di era web 2.0 saat ini. Namun, tidak hanya Facebook dan Twitter saja yang eksis. Ada beberapa sosial media yang masih cukup banyak diakses oleh masyarakat dunia. Apakah itu? Inilah 5 sosial media yang kerap diakses selama 2011:

 

1. Facebook (Tingkat popularitas di dunia 62,38%)

Facebook merupakan layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Dibuat oleh Mark Zuckerberg pada 2003, situs ini awalnya merupakan jaringan pertemanan di lingkungan perguruan tinggi tempat Zuckerberg berkuliah, Harvard University. Situs ini banyak digemari oleh penggunanya karena memudahkan mereka membuat profil, berbagi catatan, foto, dan video, serta berkirim pesan dan mengobrol. Pada Januari 2011, Facebook memiliki jumlah pengguna lebih dari 600 juta pengguna aktif dari seluruh dunia. Berdasarkan survei Social Media Today pada April 2010, tercatat 41,6 persen penduduk Amerika memiliki Facebook.

Facebook (Sumber:scrapetv)

 

2. StumbleUpon (Tingkat popularitas di dunia 16,7%)

Situs ini merupakan mesin penjelajah untuk menemukan dan merekomendasikan konten-konten dari berbagai web kepada pengguna. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjelajahi dan memberi nilai secara lebih personal pada sebuah halaman, foto, dan video di situs web melalui icon Jempol Naik atau Jempol Turun yang tersedia. StumbleUpon sendiri didirikan pada Nopember 2001 oleh Garrett Camp, Geoff Smith, Justin LaFrance, dan Eric Boyd usai Garrett menyelesaikan sekolah S2-nya. Saat itu, mereka ingin mendirikan sebuah perusahaan. Dari 6 ide produk yang diajukan, mereka setuju untuk memilih StumbleUpon. Hal ini mempermudah pengguna untuk mereview dan mengomentari konten situs web. Pada 18 Mei 2010, situs ini mengklaim telah memiliki 10 juta pengguna di seluruh dunia.

StumbleUpon (Sumber:birdsontheblog)

 

3. YouTube (Tingkat popularitas di dunia 5,55%)

YouTube didirikan oleh tiga orang penggawai awal PayPal, yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Mereka mulai mengembangkannya sejak awal 2005 setelah mereka mengalami kesulitan dalam video sharing saat terjadi pesta di apartemen Steve Chen di San Fransisco. Sejak saat itulah, ketiganya sepakat untuk membuat sebuah layanan untuk berbagi video. Video pertamanya berjudul Me at the Zoo diunggah pada 23 April 2005. Sejak saat itu, situs ini berkembang sangat cepat. Pada Juli 2006, layanan ini mengumumkan bahwa sudah 65 ribu video diunggah dan 100 juta tontonan terjadi setiap harinya. Layanan ini mempermudah penggunanya untuk berbagi video di internet. Selain itu, tak perlu masuk menjadi pengguna untuk menikmati video-video yang tersedia di YouTube. Banyak orang senang dengan skema ini dan membuat pengunjung YouTube setiap harinya bertambah. Melihat kesuksesan ini, pada Oktober 2006, Google Inc. membeli layanan ini dengan harga 1,65 milyar dollar Amerika.

Youtube (Sumber:jebswebs)

 

4.  Twitter (Tingkat popularitas di dunia 4,12%)

Twitter berawal dari sesi brainstorming yang cukup panjang yang terjadi di manajemen perusahaan podcasting bernama Odeo. Jack Dorsey, seorang arsitek perangkat lunak Amerika, kemudian memperkenalkan cara berkomunikasi di grup kecil menggunakan layanan SMS. Ide ini diwujudkan dengan sebuah project bernama kode twttr. Prototype pertama Twitter digunakan untuk layanan internal para pekerja Odeo. Versi penuh dari layanan ini kemudian diperkenalkan ke publik pada 15 Juli 2006. Pada Oktober tahun yang sama, Biz Stone, Evan Williams, Dorsey, dan anggota Odeo lainnya mendirikan Obvious Corporation serta mengakuisisi Odeo dan seluruh asetnya, termasuk Odeo.com dan Twitter.com dari investor dan shareholders-nya. Kemudian pada April 2007, Twitter membentuk perusahaan sendiri bernama Twitter Inc. Sejak saat itu, Twitter menjadi sangat populer di dunia maya. Sifat pesannya yang ringkas, membuat orang senang berinteraksi melalui Twitter. Hingga saat ini, layanan “SMS-nya internet” ini memiliki lebih dari 200 juta pengguna dan hingga Juni 2010, terdapat 65 juta pesan per harinya.

Twitter (Sumber:how-to-blog)

 

5. Reddit (Tingkat popularitas di dunia 2,03%)

Reddit merupakan situs berita sosial yang dimiliki oleh Condé Nast Digital yang merupakan anak perusahaan dari Advance Magazine Publishers Inc. redditors, julukan untuk pengguna Reddit, memiliki pilihan untuk memasukan tautan-tautan konten di internet atau memasukan tulisan sendiri yang memiliki konten yang asli. Nantinya, pengguna lainnya akan memilih tautan tulisan dengan “Naik” atau “Turun”. Tautan tulisan yang sukses adalah yang berhasil menduduki halaman depan. Pengguna juga bisa berkomentar di tautan tulisan dan membalas komentar lainnya. Reddit sendiri didirikan pada 2005 oleh Steve Huffman dan Alexis Ohanian yang merupakan lulusan dari Universitas Virginia. Situs ini berhasil mendapatkan lebih dari 67 ribu pengguna dan pernah dianugerahi Lead411′s Perusahaan San Franscisco Paling Panas 2010 pada Mei 2010. (**)

Reddit (Sumber:pulse2)

 

Sumber: gs.statcounter, 2011

2 Responses to 5 Sosial Media Internet Terpopuler Tahun 2011

  1. Ok so I am thinking about removing my site from Tumbler and get it to a WordPress website. I think this is a wordpress site right? If it is, may I ask where you got the theme? Thanks a bunch!

  2. Pingback: dering.co.id – 5 Sosial Media Internet Terpopuler Tahun 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com