5 Racun yang Popular di Sekitar Kita

Oleh : Galih Pakuan

[UNIKNYA.COM]: Masih ingatkah anda dengan kisah Romeo dan Juliet? Yang akhir kisah kasihnya harus berkahir tragis. Dan hanya satu sosok bisu yang berada disamping jasad mereka, sebotol racun yang telah habis. Sebuah zat yang mampu meresap ke dalam jaringan tubuh dan bahkan menyebabkan kematian, baik secara perlahan maupun cepat. Dan inilah 5 racun terpopuler di sekitar kita: 

 

1. Sianida

Racun ini bekerja dengan cara menghentikan sel darah merah dalam menyerap oksigen, proses ini dikenal dengan asphyxia, sehingga pasokan oksigen di dalam tubuh kita berkurang. Kapsul sianida digunakan pertama kali untuk membunuh manusia yaitu pada Perang Dunia II, biasanya dimiliki oleh seorang mata-mata. Sebagai antisipasi terbongkarnya sebuah penyamaran, maka ia akan menelan pil tersebut untuk menghindari siksaan dan interogasi pihak musuh.

Racun Sianida (Sumber: en.fotolia)

 

2. Strychnin

Salah satu racun yang pertama dikenal di abad 20, strychnine ini menyerang sistem saraf pusat dan menyebabkan reaksi refleks yang berlebihan. Dengan memberikan dosis yang tepat, korban akan mati dalam waktu 10-20 menit, dan menderita kesakitan dan penderitaan yang luar bisa sebelum ajal. Racun ini bekerja sangat cepat dan efektif. Racun ini digunakan oleh karakter pembunuh yang terdapat di dalam novel Agatha Christie, The Mysterous Affair at style.

Racun Strychnin yang Membunuh Binatang (Sumber: totalwildlifecontrol)

 

3. Arsenik

Racun ini adalah salah satu yang difavoritkan oleh para pembunuh, khususnya dalam menyembunyikan sebuah skandal. Di daratan Inggris, arsenik dijual bebas di toko-toko kimia untuk digunakan sebagai pemberanta hama tikus. Racun arsenik menjalar di berbagai jaringan sel tubuh manusia yang merupakan alat pertahanan yang paling umum di abad 20. Gejala keracunan arsenik adalah keadaan tidak nyaman, gelisah, mual dan muntah, dan diare yang disertai dengan darah.

Racun Arsenik (Sumber:es.ioffer)

 

4. Hemlock

Tumbuhan inilah yang telah merenggut nyawa sang filosofer, Sokrates. Sementara Descartes mengatakan,” seharusnya minuman itu untukku”. Sebelum ajalnya Socrates mengangkat gelas dan berkata, ” Aku meminum air yang seharusnya tidak aku minum”. Di dalam gelas tersebut  terdapat minuman yang mengandung racun cicutoxin kadar tinggi, yang terdapat di dalam akar, bahkan sebuah gigitan akan menyebabkan kematian. Air yang mengandung hemlock akan mengakibatkan otot kejang-kejang hingga kematian.

Racun Hemlock (Sumber:blogspot)

 

5. Belladona

Memiliki nama yang berarti perempuan cantik, perasan minyaknya merupakan campuran bahan kecantikan di zaman Renaisans. Tampilan bunganya seperti bola mata dengan bulu lentik yang dimiliki oleh seorang  seorang perempuan. Sesuatu yang tidak masuk akal dan berbahaya yang pernah ditemukan oleh manusia terdahulu. Orang yang keracunan belladona  biasanya akan terlihat kikuk dan berhalusinasi.(**)

Racun Beladona (Sumber:Etsy)

 

Sumber: Toptenz, 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com