5 Gitaris Perempuan Dalam Cita Rasa dan Karakter

Oleh: Galih Pakuan

[UNIKNYA.COM]: Bukanlah kecantikan, kemolekan dan keanggunan yang ditonjolkan dan dijadikan senjata dalam setiap pertunjukkan musik mereka, melainkan sebuah cita rasa dan dedikasi terhadap dunia musik yang mereka cintai. Sehingga menjadikan setiap penampilan mereka begitu istimewa, perpaduan antara cita rasa dan keindahan suara luar biasa dari sebuah gitar. Berikut adalah gitaris perempuan dengan gitar kebanggaan mereka.

 

1. Kelley Deal  (The Breeders, The Amps, The Kelley Deal 6000)

Seorang gitaris perempuan yang sering keluar masuk panti rehabilitasi ini, memilih menggunakan Gibson Les Paul Deluxe. Ada peristiwa yang menggelikan terjadi pada saat membuka konser band grunge legendaris, Nirvana, di Miami tahun 1994, Kelley tertinggal oleh bus yang akan membawanya ke tempat pertunjukkan. Kim mengetahui saudara tertinggal, yang juga anggota band The Breeders, memasang foto sosok Kelley (skala 1:1) dengan botol Jack Daniel dan sebatang rokok di masing-masing tangannya. Keduanya mengakui konser tersebut adalah yang terbaik mereka (the Breeders).

Kelly Deal (Sumber:farm4.static)

 

2. Joan Jettt (Joan Jett and the Blackhearts)

Ia adalah seorang perempuan yang diinginkan oleh David Johansen, untuk menempati posisi gitaris di the New York Dolls, dan tak terjadi. Joan adalah seorang penulis dan pencipta lagu yang handal sekaligus gitaris, dengan senjata kesayangannya Gibson Les Paul. Pernyataannya yang menarik mengenai gaya hidupnya, “And though I am not a lesbian, I would still wear a W.W J.J.D. t-shirt.” Oleh para penggemarnya di artikan “What would Joan Jett do?

Joan Jett (Sumber:cdn.buzznet)

 

3. Ruyter Suys (Nashville Pussy)

Seorang gitaris perempuan yang lahir di Kanada, selain memiliki tubuh sensual, berpenampilan liar, namun memiliki skill gitar yang cukup mumpuni sebagai musisi rock. Gitar favoritnya adalah Gibson  SG. Salah satu pemicunya menjadi seorang gitaris adalah ketika melihat Courtney love (the Hole). Menurutnya Courtney tidak sepantasnya memperlakukan gitar hanya sebagai aksesoris bukan sebagai alat musik. Ruyster mengatakan, menjadi gitaris perempuan tidak mudah, orang hanya akan melihat dada atau bokong ketimbang kemampuannya memainkan gitar.  Walaupun ia merasa nyaman menggunakan celana denim dan kulit yang ketat, dan hanya menggunakan atasan yang minim.

Ruyter Suys (sumber: arm4.static)

 

4. Poison Ivy (The Cramps)

Nama sebenarnya adalah Kristy Wallace, seorang gitaris band Amerika, beraliran garage punk. Ia memiliki selera tinggi dalam memilih senjatanya, sebuah Hollow Body, Gretch Chet Atkins 6120, tahun 1958.  Ia selalu tampil energik dalam setiap pertunjukkannya, pernah suatu waktu ia kehilangan sepatu high heelnya akibat terlempar, dalam aksi menendangnya. Konser pertamanya dilakukan di sebuah rumah sakit jiwa.

Poison Ivy (Sumber:theselvedgeyard)

 

5. Kathleen Hanna (Bikini Kill, Le Tigre, The Fakes, The Troublemakers)

Ia adalah salah satu gitaris perempuan  yang rajin turun ke jalan untuk membela ha-hak kaumnya, dan cantik. Gitar pilihannya adalah Gibson Melody Maker tahun 1965. Ia banyak mendirikan band, salah satu yang membuatnya popular adalah Bikini Kill. Ia digosipkan memiliki hubungan istimewa dengan anggota Beastie Boy’s, Adam Horrwittz. Suatu peristiwa menarik terjadai pada tahun 1995, dalam festival musik Lollapalooza. Ia terlibat dalam sebuah pertengkaran dengan Courtney Love—yang melemparkan rokok, dan meludahkan permen ke wajah Kathleen. Akibatnya Kathleen membalasnya dan menuntut Courtney secara hukum.(**)

Kathleen Hanna (Sumber:radioneox.)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, diolah, 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com