5 Pemandangan Terbaik untuk Astronomi

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Bagi para Astronom, dalam system tata surya kita begitu banyak pemandangan menakjubkan yang dapat dilihat dan dipelajari. Tidak sedikit diantaranya dapat dinikmati secara kasatmata tanpa bantuan alat khusus apapun. Contohnya Bulan, dapat dinikmati oleh siapapun di muka bumi ini. Berikut 5 pemandangan terbaik untuk Astronomi yang dapat dijadikan referensi para awam:

 

1. Bulan

Bulan begitu dekat, karena kedekatannya dapat dilihat dengan mata telanjang. Bulan adalah target sempurna bagi astronom pemula yang ingin mencoba teleskop barunya. Coba lihat dan amati berapa banyak kawah yang dapat diteliti dari Bulan.

Bulan (sumber: web)

 

2. Yupiter

Yupiter adalah Planet terbesar dalam sistem tata surya kita, dan sangat mungkin salah satu yang paling indah. Di permukaan planet ini terdapat bintik merah raksasa. Yupiter memiliki 63 satelit, di antaranya Io, Europa, Ganymede, Callisto (Galilean moons). Yupiter biasanya menjadi objek tercerah keempat di langit (setelah matahari, bulan dan Venus); namun pada saat tertentu Mars terlihat lebih cerah daripada Yupiter.

Yupiter (sumber: web)

 

3. Saturnus

Mungkin Jupiter planet terbesar, namun Saturnus adalah salah satu planet yang paling unik, yang memiliki cincin besar yang sangat indah. Cincin Saturnus sangat unik, terdiri beribu-ribu cincin yang mengelilingi planet ini. Alasan pertama seorang astronom, pasti salah satu hal pertamanya adalah menikmati keindahan cincin Saturnus dengan teleskopnya.

Saturnus (sumber: web)

 

4. Mars

Mars dikenal juga sebagai Planet Merah. Mars adalah tetangga terdekat planet kita Bumi. Di planet Mars, terdapat sebuah fitur unik di daerah Cydonia Mensae. Fitur ini merupakan sebuah perbukitan yang bila dilihat dari atas nampak sebagai sebuah wajah manusia.

Mars (sumber: web)

 

5. The Great Orion Nebula

Nama resminya adalah Messier (M) 42, dan itu salah satu nebula paling terang di langit malam, yang dapat dilihat dengan mata manusia di malam hari. Mengagumi warna-warni aliran gas dan debu di Orien Nebula, seperti halnya menikmati pendaran warna pelangi. (**)

The Great Orion Nebula (sumber: web)

 

Sumber: Coolscopes & wikipedia, 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com