5 Fakta Menarik Mengenai Einstein

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Semua orang pastinya mengenal sosok paling jenius di muka bumi ini. Siapa lagi kalau bukan Albert Einstein, ilmuwan featuristis penemu Teori Relativitas. Berikut 5 fakta menarik tentang Einstein yang Anda mungkin tidak pernah ketahui:

 

1. Buruk dalam Ingatan

Meskipun Einstein tergolong super cerdas, ternyata Ia memiliki memori buruk. Dia hampir tidak ingat ulang tahun istri dan anaknya. Ketika ia hidup, tetangga-nya sering kali melihat Einstein berkeliaran di sekitar daerah Princeton yang kebingungan menemukan rumahnya.

 

2. Buruk dalam Hafalan

Ketika ia usianya 17 tahun, ia pernah mencoba mendaftar ke Swiss Federal Politeknik dan alhasil gagal menjawab semua ujian masuk. Dia buruk di ilmu hafal seperti Geografi, Sejarah, Bahasa. Itulah alasan, mengapa dia harus mencoba tahun depan untuk masuk sekolah ini.

 

3. Pernah Dicalonkan Sebagai Presiden Israel

Setelah perang dunia II dan memperoleh kemerdekaannya, negara Israel yang baru berdiri berusaha untuk memilih Einstein sebagai presiden mereka. Pada waktu itu, Einstein menolak usulan tersebut dan dia berkata: “ia tidak mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan masalah.”

 

4. Man of Science yang membenci Fiksi Ilmiah

Ketika ia masih hidup, Ia berkata kepada publik bahwa dia tidak percaya pada mesin waktu. Dia juga tidak percaya pada piring terbang atau UFO, dan diapun mengatakan bahwa “fiksi ilmiah terdistorsi sains murni”.

 

5. Otaknya Tak Ikut Dikubur

Dia meninggal pada tahun 1955. Otaknya begitu berharga sehingga Einstein tidak dikuburkan bersama otaknya. Thomas Stoltz Harvey, dokter yang melakukan otopsi Einstein, memutuskan untuk mengambil otaknya untuk dikaji. Hal ini dilakukan tanpa persetujuan pihak keluarga Einstein. Baru setelah 43 tahun, anak Einstein Hans Albert, menyadari bahwa ayahnya dikubur tidak berikut dengan otaknya. (**)

 

Sumber:Interestingworldfacts, 2011


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com