5 Hal Menarik Tentang Kepulauan Karibia

Oleh: Galih Pakuan

[UNIKNYA.COM]: Kepulauan Karibia salah satu deretan pulau-pulau yang memiliki keindahan dan kekayaaan hayati terbaik di dunia. Sinar matahari, pasir putih dan pantainya yang eksotis adalah daya tarik tersendiri, kebanyakan para pelancong yang berkunjung ke Kepulauan Karibia memang datang untuk menikmati surga dunia yang terletak di kawasan pasifik ini. Beberapa hal yang harus diketahui mengenai Kepuluauan Karibia adalah sebagai berikut:

 

1. Asal Nama Karibia

Nama kepuluan Karibia diambil dari nama sebuah suku Amerindia, yang berarti sesuatu yang bersifat kanibal, dan karib/caribs adalah sebuah nama leluhur. Pada perjalanannya menuju Asia (hindia) tahun 1492, Christopher Columbus menyatakan pernah singgah di sebuah tempat yang diberi nama Hindia barat. Kepulauan Karibia dijajah oleh beberapa bangsa eropa, yang sebagian jejaknya masih dapat dilihat dan menjadi daya tarik wisata.

Andros Island

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Multikulturalisme

Hampir seluruh penduduk Kepulauan Karibia berasal dari Afrika, yang datang akibat adanya perbudakan. Sebagai budak, mereka dipekerjakan pada sebuah  perkebunan gula. Dan walaupun zaman perbudakan telah berakhir, mereka tetap tinggal, karena kondisi alamnya yang nyaman. Kebudayan, agama dan bahasa dari setiap negara di Kepulauan Karibia memiliki satu keunikan, hal ini disebabkan oleh siapa yang menduduki dan menjajah negara mereka.  Contoh, di Haiti, Martini, dan Guadalupe, mereka kental dengan warisan kebudayaan Prancis. Sementara di Kuba dan Puerto rico, mereka lebih kental dengan warisan kebudayaan Spanyol. Dari segi keagamaan dan keyakinan pun sama uniknya.  Di Haiti voodoo begitu kental di dalam kehidupan keseharian, sebuah keyakinan yang dibawa oleh budak-budak dari Afrika saat itu, hingga sekarang masih bertahan.

ilustrasi Multikulturalisme

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Musik

Di Kepulauan Karibia berkembang beberapa jenis musik diantaranya; regge, calypso, salsa, chutney & pan. Khususnya musik pan, dihasilkan oleh sebuah wajan besi yang memiliki urutan tanda. Di dalam lingkaran waja tersebut terdapat beberapa bagian yang menonjol, sehingga apabila dipukul akan menghasilkan bunyi yang indah.

Caribbean Steel Band

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Makanan

Makanan di Kepulauan Karibia, kebanyakan dipengaruhi oleh cita rasa bangsa Afrika, Spanyol, dan India timur, namun mereka menggunakan bumbu dapur yang terdapat di berbagai negara. Cabai, Merica, dan beberapa rempah-rempah, yang biasanya dipakai pada makanan sehari-hari. Beberapa makanan khas kepulauan Karibia diantaranya; jerk chicken (Jamaika),  ikan terbang goreng (Barbados), sop callaloo(Trinidad-Tobago), dan beberapa makanan yang berasal dari laut.

Carribean food Roland Hyde photo

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Pariwisata

Ekowisata merupakan sumber pemasukan utama bagi negara negara yang terdapat di kawasan Kepulauan Karibia. Keindahan alam, adalah surga bagi para pelancong yang mengunjungi Kepulauan Karibia. Negara Tobago terkenal dengan pulau surga para burung, Negara Haiti dengan keindahan pantai dan mataharinya. Pulau Cayman dan Balenbouche, di St. Lusia memiliki flora dan fauna yang unik, dan banyak lagi.

Balenbouche

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: Listverse, 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com