5 Tempat Belanja Terfavorit di Dunia

Oleh: Eris Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Bagi para maniak belanja, berburu mall adalah rutinitas. Namun tak semua lokasi bisa memberi kepuasan berbelanja. Berikut tujuh tempat berbelanja paling digandrungi di dunia:

 

1. Harrods. London. The UK.

Harrods pada awalnya hanya toko kelontongan milik Charles Henry Harrods pada 1894. Kemudian semakin berkembang menjadi sebuah toko besar yang menawarkan aneka makanan, alat kebutuhan kantor, kosmetik dan obat-obatan. Pada 1985, jutawan dari mesir, Mohamed Al-Fayed membeli toko ini seharga Rp 7,4 miliar. Sekarang, luas Harrods mencapai 90 ribu m2 yang terdiri dari 330 departemen dan menjual hampir semua barang, dari bahan makanan sampai pelengkapan rumah ada di sini. Harrods memperkerjakan 4 ribu orang tenaga kerja terampil dan melayani semua keinginan pembeli. Harga barang yang ada di Harrods memang terbilang mahal dan kompleks. Namun, Harrods selalu dipenuhi pengunjung. Ada yang mengatakan, belum ke London kalau belum berbelanja di Harrods.

Harrods London, The UK

2. Saks Fifth Avenue. New York. The USA.

Saks Fifth Avenu adalah pasar swalayan ternama di New york. Pada 1867, Andrew Saks membuka bisnis dan kemudian tergabung dalam Saks & Company pada 1902. Kemudian, Horace Saks dan Bernard Gimbel pada 1924 membuat Saks Fifth Avenue di New York City. Sekarang ini, Saks juga beroperasi di Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mexico, dan Bahrain. Walaupun demikian, Saks di New York tetap menjadi ikon dari seluruh perbelanjaan Saks. Saks disebuyt sebagai institusi belanja dengan merek Amerika dan Eropa terbaik yang terkumpul di satu atap.

Saks Fifth Avenue, New York, The USA

3. Quartir 206, Berlin, Jerman

Anne Maria Jagdfeld, pemilik Quartier 206, telah berkeliling dunia selama beberapa bulan untuk mencari produk-produk yang akan mengisi tokonya. Pada 1997 Quatier dibuka, menandakan misinya mencari produk di saentro telah selesai. Pusat perbelanjaan ini disebut juga the world of style, karena memang sesuai dengan barang-barang yang ada dengan interior yang megah. Quartier dirancang arsitektur ternama Pei Cobb Freed & Partners dari New York.

Quartir 206, Berlin, Jerman

4. Gum, Moscow, Rusia

Gum atau Glavnyi Universalnyi Magazin di Moskow, merupakan mall terbesar dan bergengsi yang ada di Rusia. GUM dibangun antara 1890 dan 1893. Kombinasi aksitektur atap kaca dan kerangka baja merepresentasikan stasiun kereta api terbesar di Eropa yang dibangun abad ke-19. Sebelum revolusi 1917, terdapat 1200 toko di dalam mall ini. Pada 1928, GUM berubah menjadi gedung perkantoran oleh Stalin. Kemudian dibuka kembali pada 1953 sebagai departemen store. Sekitar 1990, mall ini diprivatisasi dan menjadi rumah bagi merek-merek fesyen ternama. Sekarang terdapat lebih dari 200 toko.

Gum, Moscow, Rusia

5. Fashion Shows, Las Vegas, USA

Fashion Shows, pusat perbelanjaan terbesar dan modern yang terdapat di Las Vegas. Di sini tempat dimana Anda bisa kehilangan kendali untuk berbelanja, dan bisa-bisa anda tidak sadar kalau uang Anda habis. Terdapat lebih dari 250 toko dan restoran di tempat ini. Selain itu, Fashion Shows menjadi tempat bagi beberapa departemen store ternama, seperti Saks Fifth Avenue, Dillard’s, Neiman Marcus, Mavy’s dn Bloomingdale’s Home. Konstruksi mall ini selesai pada 1981 dengan luas sekitar 175 ribu meter persegi. Fashion Shows mall merupakan pusat perbelanjaan terbesar di dunia.
Bentuk arsitektur yang menarik pada mall ini disebut “The Cloud”, kanopi baja yang dirancang untuk menyediakan keteduhan disepanjang hari. Pada malam haru kanopi ini menjadi layar film yang besar. Panjang the cloud hampir mencapai 480 kki, dan menjulang 128 kaki dari atas tanah.(**)

Fashion Shows, Las Vegas, USA

 

Sumber: Opentravel, 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com